Saturday, August 6, 2011

Brownies Kukus Coklat Keju




Terakhir belanja di toko bahan kue "Titan", saya iseng membeli tepung siap pakai "Pondan". Pilihan jatuh ke "Brownies Kukus Coklat Keju". Baru tadi pagi saya sempat mengolahnya sebelum berangkat ke dokter gigi :)

Bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak dan cara membuatnya pun tidak rumit, semua tertera di kardus tepung Pondan itu.

Bahan-bahannya:
  • Telur ayam 6 butir
  • Keju cheddar parut 30gr
  • Margarine 100 gr
  • Butter 50 gr
  • Tepung Pondan siap pakai (tentunya)

Cara membuatnya:
  1. Margarine dan butter dibagi menjadi 2 dengan ukuran masing-masing sama. Satu digunakan untuk adonan keju, satu lagi untuk adonan coklat
  2. Untuk adonan keju, lelehkan margarin, butter dan keju cheddar parut. (Keju cheddar akan agak sulit meleleh, tidak apa-apa, yang penting dia agak melunak) - sisihkan
  3. Untuk adonan coklat, lelehkan juga margarine dan butternya
  4. Kocok 3 butir telur sampai mengembang lalu masukkan tepung pondan "coklat" sambil terus dikocok hingga mengembang dan kental.
  5. Masukkan lelehan margarine dan butter ke dalam adonan coklat, aduk rata dengan spatula.
  6. Tuang ke dalam loyang, kukus
  7. Sambil menunggu adonan coklat dikukus, kocok 3 butir telur sampai mengembang lalu masukkan tepung pondan "keju" sambil terus dikocok hingga mengembang dan kental. Masukkan juga keju cheddar yang sudah dilelehkan. Lelehan margarine dan butternya nanti saja. Tujuannya agar cheddar tercampur rata dengan adonan tepung telur.
  8. Terakhir, masukkan mentega butter leleh aduk dengan spatula hingga tercampur rata, tuang ke dalam loyang yang sudah ada adonan coklatnya, kukus kembali hingga matang (lebih kurang 15-20 menit)

Bisa dihias dengan parutan keju cheddar diatasnya. Olesi dulu dengan butter cream atau margarine agar keju parut dapat menempel di atas kuenya.

Selamat mencoba......

No comments: