Wednesday, February 1, 2012

Jenis Jenis Tepung Terigu

Tepung terigu itu ada beberapa jenis lho. Jangan sampai salah menggunakan jenisnya karena dapat menyebabkan kue yang Anda buat menjadi gagal. Sayang khan?

Nah, saya coba jelaskan singkat ya tentang si tepung terigu itu, begini ....

1. Tepung Terigu Berprotein Tinggi
Sering juga disebut bread flour, dimana mengandung kadar protein yang tinggi antara 11% - 13% . Jenis ini digunakan untuk bahan dasar membuat roti, mie, pasta, donat. Kalau di pasaran yang diproduksi oleh Bogasari dikenal dengan nama Tepung Terigu Cakra Kembar

2. Tepung Terigu Berprotein Sedang
Sering juga disebut tepung serba guna (all purpose flour), dimana mengandung kadar protein antara 8% - 10%. Kalau Anda ingin membuat kue cake (sponge cake, butter cake, bolu kukus, dll) pilihlah tepung terigu jenis ini. Di pasaran dikenal dengan nama Tepung Terigu Segitiga Biru.

3. Tepung Terigu Berprotein Rendah
Sering juga disebut pastry flour, dimana mengandung kadar protein 6% - 8%, biasanya digunakan untuk kue yang renyah seperti biskuit dan gorengan. Di pasaran dikenal dengan nama Tepung Terigu Cap Kunci.

4. Self Raising Flour
Jenis ini adalah jenis tepung terigu yang sudah diberi campuran pengembang dan garam sehingga tidak perlu lagi diberi bahan tambahan pengembang sehingga lebih stabil. Memang agak susah mendapatkannya jika tidak dibeli di toko bahan kue khusus. Sebagai gantinya juga, Anda bisa membuat "Self Raising Flour" dengan memberikan 1 sendok teh baking powder di 11/2 kilogram tepung terigu. Cocok untuk membuat muffin, cake, kue kering.

5. Enriched Flour
Jenis ini adalah jenis tepung terigu yang sudah disubstitusi dengan vitamin dan mineral lainnya dan tentunya harganya lebih mahal. Cocok untuk membuat kue kering dan bolu.

6. Whole Meal Flour
Tepung ini terbuat dari biji gandum dan dari warnanya terlihat lebih gelap. Biasanya digunakan untuk membuat makanan kesehatan /diet karena banyak mengandung serat/fiber dengan protein yang sangat tinggi.

So,.......... jangan salah lagi ya..... Mudah-mudahan informasi ini berguna buat Anda dan saya :)

2 comments:

Ully Julia said...

THANKS...INFO NYA
BOLEH AKU COPAS KE BLOG KU KAN? BIAR MUDAH KLO AKU MAU MEMBUAT KUE DAN MEMILIH TEPUNG YANG TEPAT.

oxone said...

terima kasih info mengenai jenis tepung terigunya. jadi ada panduan untuk memilih tepung terigu.