Thursday, April 21, 2011

Cup Cake Rapha 1st Birthday

Sekitar sebulan lalu, Dian, sahabat saya bbm minta dibuatkan cupcake untuk ulang tahun Raphael Wisanggeni Darmawan anaknya yang pertama. Nggak banyak, hanya 20 pieces. Hhhmmm...dah lama gak terima pesanan sih sebenernya. Tapi karena Rapha adalah salah satu anak 'susu' ku :-) , pesanan pun diterima dan dibuat dengan senang hati.

Ulang tahunnya jatuh pada hari Kamis, 21 April 2011 - bertepatan dengan hari Kartini dan hari kerja! Alhasil, kue pun mulai dicicil pembuatannya. Cake di-bake hari Rabu pagi. Dan dihias Rabu malam.... dan diantar pun Rabu malam :)

Resep cake yang dipakai adalah Sponge Cake yang ini :

Bahan:
8 Butir Telur Ayam
200 gr Gula Pasir
1 sdm TBM/SP
225 gr Tepung Terigu
100 gr Margarine yang dilelehkan.

Cara membuatnya:
1. Kocok telur + gula + TBM/SP sampai mengembang
2. Aduk terigu bersama adonan telur (1)
3. Masukkan margarine yang sudah dilelehkan pada adonan telur dan terigu (2)
4. Masukkan dalam wadah cup-cake (saya pakai momma cup case)
5. Panggang.

Adonan di atas bisa untuk 30 buah cup cake.

setelah matang, begini lah hasilnya :




kemudian, setelah kue dingin tutup bagian atas cup dengan butter cream, seperti ini :




Edible foto yang saya pesan dari mbak Ina La Rizz saya letakkan di atas cup cake yang sudah tertutup dengan butter cream itu. Kemudian dihias lah menggunakan butter cream yang sudah diberi pewarna makanan. Saya hias dengan 2 warna, merah dan biru. Merah (agak ke pink sih sebenarnya ya) saya gunakan untuk bentuk bintang kecil. Biru saya gunakan untuk bentuk rumput.
Hasilnya ? seperti ini lah..... :




Pada saat acara berlangsung, saya sudah pesan ke Dian untuk disusun pada tier yang saya siapkan sebelumnya. Dan setelah acara selesai, tamu-tamu boleh membawa pulang cup cake nya dalam kemasan mika seperti ini :



Semoga Dian senang ya.... dan doa amamacece untuk Raphael, semoga menjadi anak Tuhan yang setia dan menjadi anak kebanggaan bagi mama Dian dan papa Leo.
Maafkan amamacece gak bisa hadir ya... Tapi kan 3 kiddoz amamacece tetap hadir di pestanya Raphael....

Sekali lagi....selamat ulang tahun ke-1 ya Raphael.... Tuhan Memberkati....

2 comments:

Anonymous said...

alo sis, minta cp u order foto nya dong. thanx

manis said...

aku sih suka roll cake kejunya mbak hehehe

http://templatemanis.blogspot.com/